Pasang iklan

Menristekdikti: Jokowi Perintahkan Mahasiswa untuk Berhenti Demo

Gema.id, Jakarta ­­– Aksi yang dilakukan oleh mahasiswa di berbagai wilayah di Indonesia mendapatkan respon dari Presiden Joko Widodo yang meminta kepada Menteri RIset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohammada Nasir untuk meredam demo besar-besaran yang terjadi terkait penolakn terhadap sejumlah RUU Kontroversial.

Mohammad Nasir mengungkap bahwa pemerintah saat ini ingin agar mahasiswa kembali ke kampus dan tidak turun ke jalan lagi.

“Arahannya adalah jangan sampai menggerakkan massa, jangan sampai melakukan sesuatu yang tidak diinginkan oleh keamanan , jangan sampai terjadi mengacaukan keamanan, jangan sampai terjadi,” kata Mohammad Nasir pada keterangan pers yang diterima Gema.id.

Pertemuan yang dilakukan Menristeksdikti berlangsung di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakata, Kamis (25/9) kemarin. Nasir mengungkapkan sebaiknya mahasiswa mengedepankan dialog daripada melakukan aksi unjuk rasa.

Selanjutnya pihak kementrian tersebut akan mendatangi kampus-kampus besar untuk menyampaikan hal tersebut dan pandangan pemerinta terkait hal ini.

“Saya akan datang ke Semarang, Madiun dan kota-kota lainnya. Kami akan jelaskan apa yang disampaikan pemerintah,” kata Mohammad Nasir.

Di samping itu, dari pihak kementrian juga akan menghimbau para rektor dan perguruan tinggi se Indoenesia agar mencegah para mahasiswa tidak berunjuk rasa lagi. Pihaknya berencana akan memberikan sanksi kepada rektor jika ada mahasiswa nya melakukan demonstrasi serta menemukan dosen yang mengarahkan mereka untuk pergi berdemo.

“Rektornya yang akam kami berikan sanksi. Dosennya nanti [urusan] rektor kan. Kalau dia [rektor] tidak menindak, rektornya yang kami tindak,”  tegasnya.

Saat ini gelombang unjuk rasa terjadi di berbagai kota. Puncaknya pada Selasa (24/9) kemarin, di mana ribuan mahasiswa mengepung gedung MPR/DPR di Senayan untuk menolak RUU kontroversial.

Tinggalkan komentar

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)